Jenis-Jenis Bahan Pakaian

Berdasarkan sifatnya bahan-bahan untuk pakaian atau baju seragam adalah sebagai berikut:

HYGET

Bahan HYGET biasanya lebih dipilih untuk pembuatan dengan budget minimal. Sifat bahan HYGET sangat tipis dan kurang nyaman.

COTTON VISCOSE

Bahan COTTON VISCOSE adalah campuran dari bahan Cotton Combed dan Viscose. Kelebihan Bahan ini adalah mudah menyerap keringat dan tingkat susut pola nya lebih kecil.

VISCOSE

Bahan VISCOSE merupakan bahan yang seringkali dipakai untuk busana pesta, jaket ataupun pakaian dalam  karena sifatnya yang halus serta lentur . Teksturnya mirip dengan tekstur kapas . Ciri-Ciri bahan VISCOSE adalah bahannya jatuh dan mengkilat, bila direndam diterjen berjam-jam akan rusak, terasa dingin, dan lembut di kulit.

COTTON / Katun

Bahan COTTON menjadi jenis bahan andalan yang terbuat dari 100 % serat kapas alami memiliki tekstur halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat sehingga sangat cocok dipakai untuk daerah tropis.

TC (Teteron Cotton)

Bahan TC (Teteron Cotton) termasuk dalam katagori cotton  dan campuran bahan cotton dengan polyester. Sifat dari bahan ini adalah kurang menyerap keringat. Tetapi memiliki keunggulan tidak mudah melar meskipun dipakai berkali-kali dan lebih tahan kusut.

POLYESTER & PE

POLYESTER dan PE adalah bahan serat sintetis  yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak bumi dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Karateristik dari bahan ini adalah noda minyak dan noda makanan sangat sulit dihilangkan di bahan ini.

LINEN

Bahan LINEN merupakan bahan sepeti cotton tetapi memiliki serat yang lebih kuat. Ciri-Ciri bahan ini adalah bahannya dingin, menyerap keringat, dan nyaman, mudah kusut sehingga lebih diperhatikan saat menyetrika

WOOL

Bahan WOOL menyerap air tetapi berbahan tebal jika kena noda akan sulit dihilangkan

 

Disarikan dari berbagai sumber

 

Adjie Sutardi

www.SeragamOnline.com

Share this Post:
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

No Responses to “Jenis-Jenis Bahan Pakaian”

Leave a Reply:

Name (required):
Mail (will not be published) (required):
Website:
Comment (required):
XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× six = 48