Lagi, Surabaya Jadi Tuan Rumah Kegiatan Internasional

02 Mei 2011

Keberhasilan Surabaya sebagai tuan rumah pelaksanaan pendidikan dan pengenalan budaya serta tradisi Jawa Timur saat menangani program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) dari berbagai negara tahun lalu, menjadi dasar pertimbangan Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia untuk mengadakan kegiatan yang sama tahun 2011 ini di Surabaya.

Hal ini menunjukkan bahwa Surabaya mampu menyelenggarakan dan membuat program kegiatan yang berkaitan dengan budaya dan pariwisata diskala tingkat Internasional.

Dra. DIAZTIARNI AZHAR, pimpinan Tydiff Studio sekaligus Pimpinan Pelatihan dan Pengenalan Seni Budaya Jawa Timur ini mengatakan, bahwa nantinya para pelajar dari beberapa negara tersebut akan belajar berbagai hal termasuk seni dan budaya Jawa Timur.

“Kami akan memberikan pengetahuan seni dan budaya Indonesia, khususnya Jawa Timur, dalam berbagai bentuk dan aspek. Mulai dari Bahasa Indonesia, seni tari dan karawitan, seni lukis batik dan pahat topeng, hingga pembuatan kerajinan anyaman, semuanya akan kami berikan dalam pelatihan langsung secara berkala dalam kurun waktu tiga bulan,” kata DIAZ.

Tahun ini, lanjut DIAZ, pihaknya akan fokus memberikan materi pembelajaran tentang seni dan budaya dari Madura, Gresik dan Malang. “Itulah yang menjadi pembeda dari tahun sebelumnya yang lebih fokus belajar seni dan budaya dari Banyuwangi dan Probolinggo,” kata DIAZ.

Tujuan pemberian dan pengenalan materi seni dan budaya tersebut adalah untuk mengeksplorasi seluruh seni dan budaya di Jawa Timur agar bisa diperkenalkan ke negara asal para peserta bea siswa asal negara manca itu. Selama di Surabaya, tambah DIAZ, para peserta pelatihan seni budaya ini akan menjalani latihan tari tradisional secara rutin di studio tari Surabaya Plaza Hotel.

“Setiap akhir materi pelatihan, mereka akan menampilkan hasil pembelajarannya di lobby hotel. Sekaligus menunjukkan kepiawaian mereka dalam menyajikan tarian tradisional Jawa Timur di hadapan para tamu hotel maupun masyarakat Surabaya dan Jawa Timur,” tutup DIAZ saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Senin (02/05).(tok)

Laporan: J. Totok Sumarno
Teks foto:
-Para peserta BSBI 2011 berasal dari liuar negeri.
Foto: Humas Surabaya Plaza Hotel.
Sumber : suarasurabaya.net

Info Konveksi Baju Seragam Murah Hubungi Adjie Sutardi Telp. 0817-6323644 (WA). SeragamOnline.com suplier baju seragam terlengkap dan terpercaya, siap memproduksi aneka jenis pakaian seragam kantor, PDH, PDL, seragam promosi, kaos seragam, jas, blazer, dll

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.