Out of the Box, Kunci Sukses Bisnis Fashion

Senin, 24/5/2010 | 12:35 WIB

kompas12KOMPAS.com – Menggeluti dunia fashion perlu keberanian, untuk segera memulai dan juga membuat perubahan. Menciptakan produk yang berbeda menjadi kunci utamanya,out of the box kata lainnya.

Perancang yang telah berkiprah sekitar 20 tahun, Musa Widyatmodjo, berbagi pengalamannya dalam talkshow “How to Enter Fashion Industry” yang diadakan dalam rangkaian acara Jakarta Fashion & Food Festival 2010, beberapa waktu lalu.

Mengambil tempat di Mall Kelapa Gading 3 Jakarta Utara,talkshow ini menghadirkan perancang yang bergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Musa menegaskan, bagi pemula yang tertarik menjalani bisnis fashion, sebaiknya tak perlu lama berpikir dan khawatir. Mulai saja dengan apa yang dimiliki dan dimana berada, katanya.

“Realistis tetapi punya mimpi. Jika ingin merambah internasional, misalnya, jadikan sebagai mimpi. Tetapi mulai saja dengan apa yang dimiliki dan dimana Anda berada saat ini,” papar Musa.

Selanjutnya Musa mengatakan, selain berani tampil beda, perancang pemula juga perlu banyak belajar tentang fashion. Industri fashion terus berkembang. Meski memiliki latar belakang pendidikan fashion, misalnya, kemauan belajar dari pengusaha lainnya dan membaca banyak referensi buku sangat membantu mengembangkan kreasi.

Jika sudah belajar, dan memiliki ide kreatif yang berbeda, jangan lantas segan memperbaiki diri. Komitmen bisa dijadikan panduan untuk terus bisa berkarya menghasilkan produk baru.

“Fokus dengan apa yang dikerjakan, yakini bahwa tak ada yang tak mungkin,” tegas Musa, menambahkan pilihannya masuk industri fashion juga didasarkan atas passion dan bukan untuk mengejar popularitas semata.

Bagi perancang yang kaya kreasi ide ini, networking, membangun infrastruktur pendukung bisnis, manajemen, dan akses permodalan, lebih penting dikedepankan daripada faktor ketenaran dunia mode.

Bahkan networking luas yang dimiliki Musa, menjadi prestasi yang dibanggakannya selama membangun bisnis fashion. Ide dan peluang emas lahir dari jejaring yang kuat, kata Musa yang dikenal dengan berbagai brand fashion, seperti M by Musa.

Berani memulai mengenalkan ide fashion Anda sekarang?
C1-10

Editor: din

Sumber : http://female.kompas.com

Informasi Baju Seragam Murah Hubungi Adjie Sutardi, Telp./WA  0817-6323644. SeragamOnline suplier baju seragam, PDH, PDL, seragam kantor, baju PNS, seragam sekolah, blazer, dll. Website: www.SeragamOnline.com

1 Comment

  1. Good information, keep working man. I like your website. Cheers~~~~

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.