Kiblat mode Muslim dunia ada di Indonesia

seragamonline jenytjahyawatiEDIYA MORALIA
JAKARTA – Indonesia mencanangkan diri menjadi kiblat mode pakaian muslim dunia pada 2020. Potensi pasar busana muslim mencapai 20% dari pasar industri mode dunia.

“Indonesia berpeluang besar menjadi kiblat Islamic fashion dunia, karena sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam dan memiliki kekayaan kultur dari ribuan suku yang tersebar di nusantara,” kata Direktur Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC), Gilarsi W Setijono, di Jakarta, baru-baru ini.

Selain itu, Indonesia memiliki ratusan perancang busana kelas atas yang mampu mengembangkan mode busana muslim. “Kondisi itu merupakan aset sangat berharga dan tidak dimiliki negara (muslim) lain di dunia,” kata Gilarsi.

Ia menjelaskan, pasar mode busana dan aksesoris pakaian muslim di dunia mencapai 20% dari total pasar industri mode yang mencapai US$1,7 triliun.

“Indonesia tidak hanya memiliki perancang busana yang bagus, tapi juga perajin handal untuk membuat payet dan bordir,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Budaya dan Pariwisata, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan akan mengampanyekan keinginan menuju Indonesia sebagai kiblat mode busana muslim dunia pada 2020.

“Kami telah menyiapkan rencana aksi dalam tiga tahun pertama, kemudian empat tahun menuju Indonesia menjadi kiblat mode busana muslim dunia pada 2020,” ujar Gilarsi.

Sementara Asisten Deputi Bidang Urusan Pemberdayaan UMKM dan Industri Pariwisata, Kementerian Koordinator Perekonomian, Hamdan MM, mengatakan pihaknya mendukung rencana tersebut dan akan menyusun peta jalan bersama mewujudkan keinginan menjadikan Indonesia kiblat mode busana muslim dunia itu.

“Tekstil dan industri mode merupakan salah satu dari 14 industri kreatif yang dikembangkan Indonesia. Busana muslim merupakan bagian dari industri tekstil dan mode,” katanya, mengemukakan alasan dukungan pemerintah pada kampanye IIFC tersebut.

Sebagai langkah awal, IIFC akan menyelenggarakan pameran busana muslim tingkat nasional di Plaza Indonesia mulai awal Agutus sampai September, yang diikuti oleh 31 perancang busana yang membawa sebanyak 450 busana muslim.

Selain itu pada 17 Agutus 2010 IIFC bersama pemerintah juga akan menggelar Islamic Fashion Fair pada Paviliun Indonesia di ajang World Expo, Shanghai (China) yang diikuti beberapa perancang busana dan memamerkan 100 baju muslim di hadapan 192 peerwakilan negara peserta pameran dunia itu, khususnya negara asal Timur Tengah dan Asia.

Kemunculan IFF pertama kali di Kuala Lumpur pada November 2006, dilanjutkan dengan kesuksesan IFF di Jakarta pada Juli 2007, dan IFF III di Kuala Lumpur pada November 2006.

Gaung IFF keras terdengar pada 2008. Pertama berlangsung di Dubai pada Maret, kemudian di Jakarta pada 24 Juli dan berlanjut di Kuala Lumpur pada Agustus.

Sejak awal Islamic Fashion Festival (IFF) bertujuan menghadirkan pilihan busana bernuansa Islam yang penuh gaya dan mudah dikenakan kepada masyarakat internasional. Busana muslim itu biasanya disesuaikan dengan kaidah kesederhanaan dalam panduan berbusana kaum muslim pada umumnya.

Ragam busana dalam pergelaran IFF hadir dengan tingkat ketertutupan minimum hingga maksimum agar setiap individu memiliki pilihan pribadi atas keimanan dan kesiapan diri dalam memutuskan menutup aurat tubuhnya.

Beberapa rancangan dapat dikenakan saat bersinggungan dengan muhrimnya dalam acara keluarga. Sedangkan desain lainnya bervariatif dari kostum rekreasi, gaun malam, hingga pakaian shalat untuk menghadap Allah SWT.

IFF mengadopsi pendekatan halus tanpa paksaan dalam mengimbau muslimah menutup diri, sekaligus menyediakan pilihan busana bersahaja dan sopan bagi setiap perempuan ketika diperlukan.

Gaya, variasi, dan kreativitas, berpadu selama IFF berlangsung yang menampilkan beragam busana penuh ide dan kreasi para perancang dari berbagai budaya dan kehidupan sebagai cerminan panggung pertunjukkan dunia.

Sumber: http://www.waspada.co.id/

Kami akan memenuhi kebutuhan baju seragam kerja Anda. Jika Anda membutuhkan baju seragam dengan desain sesuai dengan keinginan Anda, kami siap membantu Anda mulai mendesain, pemilihan bahan, warna bahan, memproduksi, dan siap kirim ke tempat Anda. SEKARANG Anda dapat memesan secara online tanpa harus repot datang ke kantor kami hal itu merupakan komitmen dalam memuaskan para pelanggan kami. Kunjungi Website Kami www.SeragamOnline.com. Telepon / WA 0817-6323644

9 Comments

  1. Can I give you an opinion? Do you think you could add a few more in the way of content in this post?

  2. Hiya, I was reading one more factor about this on another blog. Interesting. Your perspective on it is diametrically contradicted from what I read earlier. I’m nevertheless pondering with the opposite elements of view, but I’m leaning to a good extent toward yours. And irrespective, that may be what is so perfect about modern day democracy as well as the market of ideas online.

  3. Bookmarked, I love your blog! 🙂

  4. Hai, salam persahabatan sebelumnya. Maaf baru bisa melakukan kunjungan balik karena habis melakukan perjalanan panjang ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia dalam rangka mengikuti kegiatan New Media Dialogue + Borneo Bloggers Award 2010. Thanks…

  5. FYI, your RSS feed is broken in my Feedburner, please fix it! thanks

  6. interesting opinion…

  7. Please let me know if you’re looking for a writer for your blog. You have some really great articles and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please shoot me an e-mail if interested. Thank you!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.